Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia

Bahasa Arab di Indonesia 

Bahasa Arab di Indonesia
Dari latar belakang sejarah, dapat dikatakan bahwa pengembangan metodologi pembelajaran bahasa Latin di Eropa, dan bahasa Inggris di Eropa dan Amerika berperan penting dalam memajukan pengembangan metodologi pengajaran bahasa Arab. Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia:

Sebagai Bahasa Arab Agama Secara VerbalSebagai simbol ekspresi linguistik ajaran Islam, belajar bahasa Arab adalah yang pertama di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan ritual ziarah umat Islam, terutama sholat. Sesuai dengan persyaratan ini, materi yang diajarkan dibatasi untuk sholat dan shalat surat singkat alquran yang biasa disebut juz 'amma. Metoden yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia adalah metode yang biasa digunakan abjadiyah (metode alfabet) yang dikenal dengan nama metode baghdadiyah.  




 

Bahasa Arab di Indonesia

Metode pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia menekankan kemampuan membaca surat al-Qur'an (al-al-hija'iyah) yang dimulai dari: 

(a) penyebutan surat dengan namanya satu per satu dari alif samapai ya 'dalam abjad sampai Para siswa menghafal nama surat secara terpisah atau satu per satu, maka 
(b) mengajari kata-kata yang terdiri dari dua huruf, lalu tiga huruf, dan seterusnya diberikan secara bertahap, kemudian meningkat dalam 
(c) vokal pengajaran, dimulai dengan huruf sebutan, beserta harakatnya namanya.

Bahasa Arab di Indonesia

Dalam Memahami Media Agama ArabSeiring dengan perkembangan waktu, metode dan pola belajar pertama Bahasa Arab di Indonesia mulai mengalami pergeseran di atas dan berkembang menjadi lebih bermakna. Belajar bahasa Arab verbalistik yang di atas tidak cukup, karena Alquran tidak hanya dibaca sebagai sarana ibadah, tapi juga sebagai cara hidup yang harus dipahami artinya dan dipraktikkan ajarannya. Makanya datanglah pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia dalam bentuk keduanya dalam rangka mengeksplorasi ajaran-ajaran Islam.  




Belajar bahasa Arab adalah bentuk kedua tumbuh dan berkembang di berbagai pesantren salaf. Materi yang diajarkan Bahasa Arab di Indonesia mencakup fiqh, aqidah, moralitas, hadits, tafsir, dan sains bahasa seperti Nahwu rab, sharaf, dan Balaghah dengan buku teks berbahasa Arab yang ditulis oleh para ilmuwan dari berbagai abad di masa lalu.

Bahasa Arab di Indonesia

 Metode pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia yang digunakan adalah metode grammatical tarjamah (metode ala tarzan qawa'id al-tarjamah / grammar) dengan teknik presentasi yang masih relatif tradisional, dimana guru (Kiai) dan murid-muridnya (masing-masing memegang buku (buku). Guru membaca dan menafsirkan kata demi kata atau kalimat demi kalimat ke bahasa pesantren khas daerah yang telah dibawa mendekati kepekaan bahasa Arab.




 Sedangkan tata bahasa (qawa'id) dimasukkan ke dalam bahasa Arab kata-kata tertentu sebagai simbol yang menunjukkan fungsi sebuah kata dalam sebuah kalimat. Siswa hanya mencatat apa setiap kata atau kalimat yang diucapkan bahasa Arab yang diartikan oleh guru, tanpa ada interaksi verbal antara kiai yang aktif dan produktif dan santrinya.

Komentar

Postingan Populer